Cara Efektif dan Mudah Cegah Demam Berdarah


Cara Efektif dan Mudah Cegah Demam Berdarah - Musim hujan boleh dibilang identik dengan kehadiran penyakit demam berdarah. Tak ayal, penyakit yang terbilang mematikan ini membuat seram banyak orang. Namun, takut saja tidak cukup untuk membuat penyakit ini menyingkir. Ada cara yang lebih tepat untuk mencegah penyakit ini hadir: menjaga kebersihan.

Menurut pakar entomologi kesehatan Institut Pertanian Bogor, Upik Kesumawati Hadi, pencegahan demam berdarah itu mudah. ''Yang penting jagalah kebersihan. Lingkungan yang bersih dan tidak lembab akan menghambat pertumbuhan nyamuk. Tempat yang bersih dan kering menhambat nyamuk untuk kawin dan beristirahat. Akibatnya nyamuk tidak bisa bertelur. Jumlah jentik juga akan berkurang," ujarnya.Syarat kebersihan pertama pencegahan DB adalah, jangan ada air tergenang. Semua yang puya kemungkinan menampung air harus ditutup. Bak mandi atau tempayan harus dibersihkan secara teratur.

http://static.republika.co.id/uploads/images/headline/nyamuk_demam_berdarah_100604132556.jpg

Sekeliling rumah bisa ditanami pohon yang tidak disukai nyamuk seperti lavender. Upik mengatakan, aroma tanaman ini tidak disukai nyamuk.

Pemakaian larvasida dan insektisida menjadi opsi terakhir, apabila serangan nyamuk dirasa sangat mengganggu. Menurut Upik, larvasida yang ditabur di tempat penampungan air, sebetulnya tidak mengganggu kesehatan manusia kalau tertelan.

Ini karena konsentrasinya sangat kecil kira-kira satu gram per 1000 ml air. Namun kalau terlalu sering, lama kelamaan tentu akan mengganggu. Kebersihan tetap harus diutamakan. ''Larvasida hanya digunakan pada tempat yang sulit dijangkau," ujar Upik.

Penjagaan kebersihan sangat berguna membasmi jentik nyamuk. Jentik yang belum bisa terbang mudah dikendalikan bila tidak terdapat di lingkungan tersebut. "Yang penting jangan ada air. Baik musim hujan atau kemarau, asal ada air nyamuk mudah meletakkan telur," kata Upik.

Penjagaan kebersihan juga lebih efektif dibanding fogging. Hal ini dikarenakan, metode kabut lebih efektif mengendalikan nyamuk dewasa. Sedangkan jentik, tidak bisa dikendalikan dengan fogging. Namun, fogging sering menimbulkan sugesti rasa aman masyarakat.

Jentik nyamuk bisa hidup di tadahan air kulkas, kamar mandi, atau alas pot bunga. Jentik bisa hidup asal ada air bersih tergenang. Karena itu tempat yang mungkin digenangi air harus ditutup, atau dibuang airnya. Jentik yang berhasil ditangkap, jangan dibuang ke selokan. Hal tersebut memungkinkan jentik kembali hidup.

Untuk melindungi diri dari gigitan, Upik menyarankan penggunaan losion anti nyamuk. Selain itu Upik juga menyarankan untuk rajin mandi, pakai baju yang tidak terbuka, dan hindari warna gelap. ( republika.co.id )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesehatan (50) Fisikologi Anak (37) Ibu dan Buah Hati (36) Rahasia Pria (33) Pasangan Hidup (31) Fisikologi (30) Anak (29) Agama (28) Tips dan Triks (28) Karyawan (25) Puasa Dan Lebaran (25) Ramuan Herbal (25) Kehamilan (23) Filosofi (21) Orang Tua (20) Penyakit (20) Rahasia Wanita (20) Beauty (19) Rahasia Tubuh (19) Produk (18) Suami Isteri (17) Tips and Trick (17) Health (16) Insomnia (16) Pendidikan (16) Pendidikan Anak (15) Rumah Tangga (15) Gaya Hidup (14) Lifestyle (14) Mitos dan Fakta (13) Tekhnologi Untuk Anak (13) Bahasa Tubuh (12) Budaya (12) Kasih Sayang (12) Kecerdasan Anak (12) Friendships (11) Kecantikan (11) No Smoking (11) Remaja (11) Diet (10) Kehidupan (10) Masalah Tidur Pada Anak (10) Autisme (9) Breast Bancer (9) Kesehatan Anak (9) Beauty Products (8) Makanan (8) Dating (7) Fashions (7) Kesehatan Wanita (7) Kesehatan Gigi (7) Moral (7) Beauty Recipes (6) Facebook (6) Hukum Islam (6) Kartu Kredit (6) Perawatan Rambut (6) Pernikahan (6) Perselingkuhan (6) Jewelry (5) Kesehatan Kulit (5) Pengobatan (5) Bayi Prematur (4) Breast Feeding (4) Fenomena (4) Keamanan (4) Products (4) Therapy (4) Wedding (4) Baby Gift (3) Baby games (3) Inner Beauty (3) Kejahatan (3) Multivitamin (3) Online Dating (3) Pendidikan Keluarga (3) Rezeki (3) Seluk Beluk Payudara (3) Seni Bercinta (3) Tekhnologi (3) Baby Names (2) Internet Marketing (2) Kanker Payudara (2) Kesehatan Telinga (2) Nasionalisme (2) Natural Beauty (2) Para Penguasa (2) Penyakit Jantung (2) Seksologi (2) Selebritis (2) Sleep (2) Teroris (2) Tontonan Anak (2) Alergi (1) Cancer (1) Demam Berdarah (1) Diabetes (1) Indonesia (1) Kenangan (1) Kesehatan Mata (1) Lung Cancer (1) Natural Product (1) Party (1) Penyakit Maag (1) SEO (1) Science (1) Seluk Beluk Ciuman (1) Seluk Beluk Vagina (1) Wa (1) m (1)