Bila Ingin Cepat Atasi Stress. Membacalah ... !!!


Membaca adalah salah satu cara untuk bersantai. Suatu penelitian yang dilakukan University of Sussex menunjukkan bahwa membaca dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen. Bahkan, walaupun hanya enam menit, membaca dapat mengurangi tingkat stres. 

Penelitian itu juga menemukan bahwa membaca bekerja lebih cepat dan lebih baik dibanding metode lain untuk menenangkan saraf lelah, seperti mendengarkan musik, berjalan-jalan, atau meminum secangkir teh. 

Stress

Para psikolog percaya hal itu karena saat membaca, pikiran manusia harus berkonsentrasi dan menjadi terbawa dalam dunia sastra yang dapat meredakan ketegangan di otot dan hati. 

Penelitian itu dilakukan pada sekelompok sukarelawan yang tergabung dalam konsultan Mindlab Internasional di University of Sussex. 

Sebelum diuji dengan berbagai metode relaksasi tradisional, tingkat stres dan denyut jantung mereka ditingkatkan terlebih dulu melalui berbagai tes dan latihan.

Dari tes itu, Dr David Lewis, kognitif neuropsikolog, mengatakan membaca bekerja dengan baik. “Membaca mengurangi stres hingga 68 persen,” kata David. Subjek hanya perlu membaca enam menit untuk memperlambat denyut jantung dan meredakan ketegangan otot. 

Dr Lewis, yang melakukan tes berkata, “Tidak peduli buku apa yang Anda baca. Dengan membaca, Anda akan kehilangan diri dalam buku yang benar-benar mengasikkan itu. Membaca juga dapat melarikan diri Anda dari kecemasan dan tekanan dunia sehari-hari. Ini lebih dari sekedar pengalih perhatian, namun Anda juga terlibat aktif dengan imajinasi kata-kata yang tercetak.”

Selain membaca, ada kegiatan-kegiatan lain yang dapat menurunkan tingkat stres, seperti mendengarkan musik, minum kopi atau teh, bermain video game, dan berjalan-jalan. Dengan mendengarkan musik kita dapat mengurangi stres hingga 61 persen. Sedangkan minum kopi atau teh dapat menurunkan stres hingga 54 persen dan berjalan-jalan hingga 42 persen. Bermain video game membuat tingkat stres turun hingga 21 persen, namun detak jantung masih di atas titik awal. 

Terkadang stres merupakan sesuatu yang tidak kentara. Tetapi seringkali stress praktis nampak pada wajah Anda. Apabila hal ini terjadi, lakukanlah teknik-teknik mudah berikut ini :
  • Lakukanlah olah raga fisik. Jalan cepat mengelilingi kompleks perumahan dapat membebaskan pikiran dari apa yang selama ini mengganggu diri Anda, memperlancar peredaran darah dan meningkatkan tingkat-tingkat energi yang mengendor.
  • Mandilah dengan air hangat yang cenderung mengendurkan otot-otot dan menenangkan syaraf-syaraf Anda
  • Bicarakan kesulitan-kesulitan Anda dengan teman-teman, sanak keluarga atau konselor professional. “Perhatian orang lain” terkadang dapat membantu Anda melihat permasalah dengan lebih jelas, atau membantu Anda memikirkan pemecahan-pemecahan praktis.
  • Hitunglah sampai hitungan kesepuluh ketika Anda begitu marah sehingga ingin berteriak. Hal ini akan menghabiskan waktu, sehingga Anda dapat merefleksikan pada apa yang mengganggu dan menenangkan jiwa Anda.
  • Minumlah secangkir teh jamu-jamuan yang hangat. Hiruplah sedikit demi sedikit secara perlahan-lahan dan nikmatilah aromanya yang hangat dan menyejukkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesehatan (50) Fisikologi Anak (37) Ibu dan Buah Hati (36) Rahasia Pria (33) Pasangan Hidup (31) Fisikologi (30) Anak (29) Agama (28) Tips dan Triks (28) Karyawan (25) Puasa Dan Lebaran (25) Ramuan Herbal (25) Kehamilan (23) Filosofi (21) Orang Tua (20) Penyakit (20) Rahasia Wanita (20) Beauty (19) Rahasia Tubuh (19) Produk (18) Suami Isteri (17) Tips and Trick (17) Health (16) Insomnia (16) Pendidikan (16) Pendidikan Anak (15) Rumah Tangga (15) Gaya Hidup (14) Lifestyle (14) Mitos dan Fakta (13) Tekhnologi Untuk Anak (13) Bahasa Tubuh (12) Budaya (12) Kasih Sayang (12) Kecerdasan Anak (12) Friendships (11) Kecantikan (11) No Smoking (11) Remaja (11) Diet (10) Kehidupan (10) Masalah Tidur Pada Anak (10) Autisme (9) Breast Bancer (9) Kesehatan Anak (9) Beauty Products (8) Makanan (8) Dating (7) Fashions (7) Kesehatan Wanita (7) Kesehatan Gigi (7) Moral (7) Beauty Recipes (6) Facebook (6) Hukum Islam (6) Kartu Kredit (6) Perawatan Rambut (6) Pernikahan (6) Perselingkuhan (6) Jewelry (5) Kesehatan Kulit (5) Pengobatan (5) Bayi Prematur (4) Breast Feeding (4) Fenomena (4) Keamanan (4) Products (4) Therapy (4) Wedding (4) Baby Gift (3) Baby games (3) Inner Beauty (3) Kejahatan (3) Multivitamin (3) Online Dating (3) Pendidikan Keluarga (3) Rezeki (3) Seluk Beluk Payudara (3) Seni Bercinta (3) Tekhnologi (3) Baby Names (2) Internet Marketing (2) Kanker Payudara (2) Kesehatan Telinga (2) Nasionalisme (2) Natural Beauty (2) Para Penguasa (2) Penyakit Jantung (2) Seksologi (2) Selebritis (2) Sleep (2) Teroris (2) Tontonan Anak (2) Alergi (1) Cancer (1) Demam Berdarah (1) Diabetes (1) Indonesia (1) Kenangan (1) Kesehatan Mata (1) Lung Cancer (1) Natural Product (1) Party (1) Penyakit Maag (1) SEO (1) Science (1) Seluk Beluk Ciuman (1) Seluk Beluk Vagina (1) Wa (1) m (1)