Inilah Hubungan Sakit Pinggang dan Kram Otot


Inilah Hubungan Sakit Pinggang dan Kram Otot. Halo para pria, sekarang jangan pernah lagi mengabaikan makanan Anda. Sebab,makanan amburadul ternyata sangat erat kaitannya dengan… gangguan prostat,gangguan “keperkasaan”, stroke dan serangan jantung, serta berkurangnya ketegapan tubuh akibat tulang keropos.
Dibandingkan dengan wanita, pria paling “malas” memeriksakan kesehatannya secara berkala. Kebanyakan pria baru akan ke rumah sakit atau mendatangi dokter setelah jatuh sakit. Diduga karakter ini yang mengakibatkan umur harapan hidup wanita rata-rata tujuh tahun lebih panjang daripada pria. Diperlukan usaha lebih banyak bagi para pria agar lebih memperhatikan kesehatan, di antaranya dengan menerapkan pola makan sehat dan lebih memahami khasiat setiap zat gizi.

Sudah saatnya para pria membatasi konsumsi lemak jenuh, terutama daging hewan dan makanan bersantan/ berlemak. namun menjauhi konsumsi lemak belumlah cukup,karena pria juga harus meningkatkan asupan makanan sehat.

Penting sekali meningkatkan konsumsi padi-padian berkulit ari (whole grains) seperti beras tumbuk, beras merah, beras jagung, pasta whole wheat. Imbangi dengan kacang-kacangan (kacang merah, kacang hijau, kacang tolo, kedelai tempe, tahu),sayuran serta buah-buahan. Sumber protein hewani yang sehat adalah ikan,sedangkan daging ayam/ sapi tanpa lemak merupakan pilihan berikutnya.

Para pria sebaiknya juga mengutamakan makanan-makanan yang mengandung senyawa alami pencegah gangguan kesehatan pria. Untuk itu pria perlu memiliki bekal pengetahuan mengenak kandungan gizi yang mampu mencegah atau membantu mengatasi pembengkakan prostat (bening prostate hyperplasia, BPH), kanker prostat,impotensi, gangguan libido, penyakit jantung, stroke, kegemukan, dan kekeroposan tulang (osteoporosis).

Menangkal Gangguan Prostat

Sekarang Anda jangan lagi menyisihkan bawang bombai dalam salad atau menolak tauran bawang goreng. Sebab bawang-bawang berlimpah senyawa belerang (sulfur),khususnya allisin dan allisilat sulfida, yang mampu mencegah pertumbuhan tumor prostat. Senyawa ini tidak banyak rusak meskipun bawang sudah dimasak. Selain bawang bombai, senyawa alisin dan allisilat sulfida banyak terdapat dalam bawang merah, bawang putih, daun bawang, lokio, kucai.

Munculnya tumor prostat juga dapat dicegah dengan rajin minum teh hijau. Kandungan epigalokatekin galat (epigallocathecechin gallate, EGCG) dalam the hijau mencegah sel-sel sehat tumbuh tak terkendali dan berkembang menjadi tumor.

Sumber lain EGCG adalah cokelat — terutama cokekat pekat (dark chocolate),anggur — khususnya anggur berwarna gelap seperti anggur merah dan anggur biru. Dalam anggur juga banyak tersimpan senyawa resveratrol, yang menekan risiko kanker prostat dengan cara menghambat produksi hormon androgen.

Ikan kaya asam lemak esensial. Agar kandungan asam lemak esensialnya terkonsumsi secara optimal, sebaiknya ikan tidak dimasak berlebihan. Sumber lain asam lemak esensial: kenari, minyak zaitun extra virgin, walnut, minyak faleseed. Asam lemak esensial membantu meredakan gejala pembengkakan prostat, seperti sering buang air kecil tapi tidak tuntas. Juga meningkatkan aliran darah menuju pe nis,sehingga mempermudah ereksi, dan mencegah kanker prostat.

Dalam hasil riset disebutkan pria yang memiliki kadar rendah betakaroten,likopen, lutein dan zeaxantin dalam darahnya, lebih berisiko terserang kanker prostat. Untuk itu, sangat penting memperkaya santapan harian Anda dengan beragam makanan kaya keempat zat antioksidan kuat tersebut.

Contohnya wortel,ubi jalar merah, tomat, semangka, melon jingga, blewah, mangga, pepaya, jeruk,stroberi, kesemek, jambu biji merah. Batakaroten-likopen-lutein-zeaxantin banyak pula dalam sayuran hijau seperti bayam, sawi, daun pepaya, daun singkong, serta cabai merah dan paprika yang dimakan mentah.

Sayuran kelompok krusifera (kol-kolan), seperti kol, kembang kol, brokoli,bokcoy, lobak, sangat baik untuk menjaga kesehatan prostat. SySayur-sayuran ini mengandung indol, isotiosianat, dan sulforafan, senyawa pemacu sistem kekebalan tubuh, yang mampu membendung munculnya enzim pemicu pertumbuhan sel secara berlebihan, sehingga mencegah munculnya kanker prostat. Masih sejenis dengan kol, daun selada (lettuce) kaya senyawa silimarin, yang mampu mencegah munculnya kanker prostat, dengan cara menggagalkan “pembenihan” sel tumor.

Dalam konsentrasi tinggi, lentinan membantu menumpas sel kanker prostat. Demikian kesimpulan beberapa hasil penelitian mengenai hubungan antara lentina terhadap kesehatan prostat. Lentinan banyak terdapat dalam beragam jenis jamur,seperti jamur merang, jamur kancing, jamur kuping. Senyawa lain yang memiliki fungsi sama adalah genistein dan fitoestrogen, yang terdapat berlimpah dalam dalam kedelai, tempe, tahu, susu kedelai.

Memacu Libido, Atasi Impotensi

Buah-buahan dan beragam jenis sayuran lalap yang dimakan mentah umumnya berlimpah vitamin C. Di antaranya belimbing, jambu biji, jamb bol, jeruk keprok,jeruk bali, jeruk manis (jeruk peras), mangga, nanas, pepaya, rambutan, sirsak,srikaya, stroberi, kol, daun selada, cabai sambal mentah. Selain bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C berperan mengendalikan tekanan darah, serta membantu “membersihkan” pembuluh darah dan meningkatkan muatan oksigen dalam darah. Fungsi ini memberikan andil terhadap kemudahan terjadinya ereksi.

Seng selama ini sangat dikenal sebagai mineral khusus pria. Khasiatnya dalam mengontrol kadar hormon testosteron, yang menyalakakan gairah seks (libido) tidak diragukan lagi. Selain itu, seng berperan memperbanyak volume semen dan jumlah sel sperma sehat.

Bagi pengidap pembengkakan prostat, meningkatkan asupan makanan kaya seng dapat mengurangi gejalanya. Kerang termasuk sumber seng paling populer. Namun banyak pilihan sumber seng lainnya yang lebih sehat, di antaranya kacang-kacangan kering (kacang merah, kacang hijau, kacang tolo, kedelai,tempe), aneka kuaci tawar, biji-biji (biji labu, biji semangka, biji bunga matahari), padi-padian berkulit ari seperti beras tumbuh dan beras merah.

Sulit ereksi bisa disebabkan keterbatasan asupan vitamin B-kompleks, khususnya vitamin B6. “Kecelakaan hubungan intim” akibat ejakulasi dini umumnya disebabkan tingginya kadar histamin dalam darah. Kejadian berulang ejakulasi dini bisa diterapi dengan meningkatkan asupan makanan kaya kalsium dan asam amino metionin. Contoh makanan sumber vitamin B6, kalsium dan metionin di antaranya yogurt, beragam sayuran daun hijau, tempe, susu kedelai, kacang merah, kacang hijau, kacang tolo.

Bantu Atasi Stroke dan Penyakit Jantung

Folat yang banyak terdapat dalam kacang merah, kacang hijau, kacang tolo,kedelai, tempe, dapat melindungi tubuh dari stroke dan serangan jantung. Fungsi yang sama dimiliki pula oleh minyak zaitun extra-virgin dan minyak flaxseed. Minyak sehat ini melindungi kita dari serangan jantung dengan cara menurunkan kadar “lemak jahat” dalam darah, yakni kolesterol dan trigliserida. Manfaat lainnya, mengendalikan tekanan darah tinggi dan mencegah angina (nyeri dada akibat gangguan jantung).

Bantu Mencegah Keropos Tulang

Selama ini susu dipercaya sebagai sumber kalsium andalan untuk mencegah keropos tulang. Padahal, meskipun tinggi kalsium, susu juga berlimpah protein. Untuk menyerap kalsiumnya, tubuh membutuhkan suasana asa. Sebaliknya, untuk manfaatkan proteinnya, tubuh memerlukan suasana asam. Kontradiksi ini dimenangkan oleh kandungan gizi tertinggi, yakni protein. Akibatnya, asupan susu meningkatkan keasaman tubuh (darah dan jaringan), sehingga susu mudah diserap, tapi kalsiumnya justru tidak.

Untuk itu, kalsium nabati yang banyak terdapat dalam sayuran daun hijau merupakan pilihan lebih baik, karena mudah diserap. Sebab pencernaan sayuran memerlukan suasana basa, sebagaimana penyerapan kalsium. Dengan demikian,kandungan kalsium dalam sayuran dapat termanfaatkan secara optimal. Guna meningkatkan penyerapan kalsium, diperlukan asupan vitamin C memadai. [ Majalah Nirmala ]

ooOoo

Kram Otot. Mungkin anda pernah mengalami kram otot, dan biasanya bagian yang sering mengalami kram adalah perut atau kaki, kadang-kadang terjadi pada bagian tangan terutama bagi anda yang hobi ke gym.

Sebenarnya apa yang tejadi pada kram otot

Daerah yang terkena mendadak kaku dan nyeri akibat kontraksi otot (memendek) atau kontraksi dari beberapa otot secara mendadak. Serangannya cepat, mengejutkan, meski biasanya tidak berbahaya. Kram terjadi karena tubuh kekurangan garam sehingga otot kekurangan cadangan air (ingat, garam mengikat air). Kram juga disebabkan kurangnya pemanasan dan peregangan atau anda membawa beban terlalu berat. Olahragawan yang rawan terkena kram adalah pesepeda, olahraga beladiri, pemain bola basket, bola volley dan sepakbola - karena kram umumnya "menghajar" daerah kaki.

Ciri-ciri kram otot

Area yang terkena seolah susah digerakkan dan terasa sakit secara mendadak. Kadang-kadang disertai benjolan otot yang abnormal.Bagaimana solusinya,menurut pemimpin redaksi majalah Cycling, M.S. Farid., yang harus anda lakukan pertama kali adalah istirahat. lalu, minumlah air putih yang dicampur garam - tidak enak, tapi merupakan pilihan terbaik. Jika tak kuat meminum air garam, silahkan meminum minuman elektrolit.

Cara paling efektif menanggulangi kram

Istirahat total dan mengurangi beban anda. Penggunaan cream seperti Counterpain atau Voltaren mungkin bisa membantu. Karena itu, tindakan preventif seperti pemanasan atau peregangan otot sebelum masuk gelanggang, dan banyak minum khususnya saat udara panas, menjadi prioritas olahragawan seperti anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesehatan (50) Fisikologi Anak (37) Ibu dan Buah Hati (36) Rahasia Pria (33) Pasangan Hidup (31) Fisikologi (30) Anak (29) Agama (28) Tips dan Triks (28) Karyawan (25) Puasa Dan Lebaran (25) Ramuan Herbal (25) Kehamilan (23) Filosofi (21) Orang Tua (20) Penyakit (20) Rahasia Wanita (20) Beauty (19) Rahasia Tubuh (19) Produk (18) Suami Isteri (17) Tips and Trick (17) Health (16) Insomnia (16) Pendidikan (16) Pendidikan Anak (15) Rumah Tangga (15) Gaya Hidup (14) Lifestyle (14) Mitos dan Fakta (13) Tekhnologi Untuk Anak (13) Bahasa Tubuh (12) Budaya (12) Kasih Sayang (12) Kecerdasan Anak (12) Friendships (11) Kecantikan (11) No Smoking (11) Remaja (11) Diet (10) Kehidupan (10) Masalah Tidur Pada Anak (10) Autisme (9) Breast Bancer (9) Kesehatan Anak (9) Beauty Products (8) Makanan (8) Dating (7) Fashions (7) Kesehatan Wanita (7) Kesehatan Gigi (7) Moral (7) Beauty Recipes (6) Facebook (6) Hukum Islam (6) Kartu Kredit (6) Perawatan Rambut (6) Pernikahan (6) Perselingkuhan (6) Jewelry (5) Kesehatan Kulit (5) Pengobatan (5) Bayi Prematur (4) Breast Feeding (4) Fenomena (4) Keamanan (4) Products (4) Therapy (4) Wedding (4) Baby Gift (3) Baby games (3) Inner Beauty (3) Kejahatan (3) Multivitamin (3) Online Dating (3) Pendidikan Keluarga (3) Rezeki (3) Seluk Beluk Payudara (3) Seni Bercinta (3) Tekhnologi (3) Baby Names (2) Internet Marketing (2) Kanker Payudara (2) Kesehatan Telinga (2) Nasionalisme (2) Natural Beauty (2) Para Penguasa (2) Penyakit Jantung (2) Seksologi (2) Selebritis (2) Sleep (2) Teroris (2) Tontonan Anak (2) Alergi (1) Cancer (1) Demam Berdarah (1) Diabetes (1) Indonesia (1) Kenangan (1) Kesehatan Mata (1) Lung Cancer (1) Natural Product (1) Party (1) Penyakit Maag (1) SEO (1) Science (1) Seluk Beluk Ciuman (1) Seluk Beluk Vagina (1) Wa (1) m (1)