Apakah Sebenarnya Makna "dihargai" itu?


Semua orang senang dihargai oleh orang lain. Tapi bagaimana sebenarnya melakukan perbuatan ini secara tepat di tempat kerja?

Cobalah Anda bertanya pada rekan kerja Anda, perlakukan seperti apa yang mereka inginkan saat berada di tempat kerja. Mayoritas dari mereka pasti dengan yakin menempatkan keinginan untuk dihargai sebagai bagian dari jawaban mereka.

Dihargai atau mendapatkan penghargaan dari orang lain memang menjadi kebutuhan dasar manusia. Karena itulah, setiap orang akan sadar penuh jika ia dihargai oleh orang lain, begitu pula sebaliknya.

Apakah Sebenarnya Makna "dihargai" itu?

Tapi apakah sebenarnya "dihargai" itu? Bagaimana pula kita bisa mempraktekkannya di tempat kerja? Tentu, cara menghargai orang lain bisa dilakukan dengan sederhana. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkannya pada orang lain.
  1. Perlakukan setiap orang dengan kesopanan, keramahan, dan kebaikan
  2. Dorong rekan kerja untuk mau mengemukakan pendapat dan ide-idenya.
  3. Dengarkan apa yang diucapkan orang lain sebelum Anda mengemukakan pendapat. Jangan pernah memotong perkataan orang dan jangan pernah mendominasi pembicaraan.
  4. Gunakan ide orang lain untuk meningkatkan pekerjaan Anda. Tentu saja, biarkan ia mengetahui bahwa hal tersebut terjadi karena ide Anda. Selain itu, dorong ia untuk mewujudkan ide-idenya.
  5. Jangan pernah meremehkan atau melecehkan orang lain dan ide-ide yang diungkapkannya.
  6. Jangan bersikap sinis dan mengkritisi hal-hal kecil. Jangan pula senang menghakimi dan melakukan bullying baik secara verbal maupun non-verbal.
  7. Perlakukan setiap orang dengan cara yang sama tanpa memandang suku, agama, golongan, jenis kelamin, usia, ukuran, dan asal negara. Praktekkan aturan ini secara konsisten. Memperlakukan orang dengan cara yang berbeda-beda bisa memicu pelecehan atau ketidaknyamanan dalam lingkungan pergaulan.
  8. Ajak seluruh rekan kerja dalam setiap rapat, diskusi, training, dan acara-acara yang dilakukan oleh rekan-rekan kantor. Jika tak semua orang bisa mengikutinya, jangan pilih kasih atau melakukan marginalisasi. Berikan kesempatan yang sama pada setiap orang untuk berpartisipasi dalam sebuah proyek atau kegiatan.
  9. Memujilah lebih banyak dibanding Anda mengkritik. Biasakan saling memuji antar rekan kerja seperti layaknya supervisor memuji bawahannya.
  10. Perlakukan setiap orang seperti mereka ingin diperlakukan.
Banyak cara lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan penghargaan pada orang lain. Cara berikut, jika dilakukan secara konsisten akan menciptakan lingkungan kerja yang profesional.
  • Pujilah hasil kerja yang baik dari rekan kerja. Cobalah untuk spesifik memuji bagian mana yang paling Anda kagumi dari hasil kerjanya.
  • Ucapkan terima kasih, sebagai tanda bahwa Anda menghargai keja keras dan kontribusi mereka dalam membantu Anda. Bersikap manis dan sopan sangat dibutuhkan dalam lingkungan kerja. Itu artinya orang yang memiliki perilaku yang baik akan mendapat pujian dari rekan kerja.
  • Bertanyalah tentang keluarga, hobi, atau kegiatan akhir pekan mereka. Perhatian Anda terhadap seseorang akan membuatnya merasa berharga dan dipedulikan. Tentu saja, pertanyaan Anda harus dalam batas-batas tertentu agar tidak dianggap ingin tahu atau mencampuri urusan orang lain.
  • Jika memungkinkan, tawarkan hari libur yang fleksibel. Anda bisa mencocokkan hari kerja Anda dan rekan lainnya agar bisa mengatur hari libur masing-masing.
  • Cari tahu apa kesenangan rekan kerja Anda. Setelah itu beri dia kejutan dengan memberinya hadiah. Pasti, kejutan dari Anda akan menceriakan harinya.
  • Jika Anda tergolong pimpinan perusahaan, berikan bonus akhir tahun atau bonus-bonus lainnya sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras karyawan. Bahkan sebuah kartu ucapan terima kasih juga tetap akan berkesan manis bagi karyawan.
  • Setiap orang pasti senang makan. Karena itu, ajaklah rekan kerja atau bawahan Anda untuk makan-makan saat ada acara khusus seperti ulang tahun, atau bahkan tanpa alasan apapun. Biarkan mereka yang memilih teman makannya.
  • Ciptakan permainan atau tradisi yang menarik. Misalnya acara tukar kado saat akhir tahun atau saling bertukar makanan tiap satu minggu sekali.
  • Bawa makanan ke tempat kerja dan tawarkan pada rekan kerja. Lebih baik lagi jika Anda membuatnya sendiri. Atau Anda bisa membawa cokelat, karena cokelat selalu bisa mendatangkan suasana yang menyenangkan.
  • Bagi pemilik perusahaan, ciptakan kesempatan pada karyawannya untuk mengembangkan diri. Misalnya dengan menyertakannya ke acara seminar atau kegiatan yang bisa menambah wawasan dan keterampilannya. (Koran SI)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesehatan (50) Fisikologi Anak (37) Ibu dan Buah Hati (36) Rahasia Pria (33) Pasangan Hidup (31) Fisikologi (30) Anak (29) Agama (28) Tips dan Triks (28) Karyawan (25) Puasa Dan Lebaran (25) Ramuan Herbal (25) Kehamilan (23) Filosofi (21) Orang Tua (20) Penyakit (20) Rahasia Wanita (20) Beauty (19) Rahasia Tubuh (19) Produk (18) Suami Isteri (17) Tips and Trick (17) Health (16) Insomnia (16) Pendidikan (16) Pendidikan Anak (15) Rumah Tangga (15) Gaya Hidup (14) Lifestyle (14) Mitos dan Fakta (13) Tekhnologi Untuk Anak (13) Bahasa Tubuh (12) Budaya (12) Kasih Sayang (12) Kecerdasan Anak (12) Friendships (11) Kecantikan (11) No Smoking (11) Remaja (11) Diet (10) Kehidupan (10) Masalah Tidur Pada Anak (10) Autisme (9) Breast Bancer (9) Kesehatan Anak (9) Beauty Products (8) Makanan (8) Dating (7) Fashions (7) Kesehatan Wanita (7) Kesehatan Gigi (7) Moral (7) Beauty Recipes (6) Facebook (6) Hukum Islam (6) Kartu Kredit (6) Perawatan Rambut (6) Pernikahan (6) Perselingkuhan (6) Jewelry (5) Kesehatan Kulit (5) Pengobatan (5) Bayi Prematur (4) Breast Feeding (4) Fenomena (4) Keamanan (4) Products (4) Therapy (4) Wedding (4) Baby Gift (3) Baby games (3) Inner Beauty (3) Kejahatan (3) Multivitamin (3) Online Dating (3) Pendidikan Keluarga (3) Rezeki (3) Seluk Beluk Payudara (3) Seni Bercinta (3) Tekhnologi (3) Baby Names (2) Internet Marketing (2) Kanker Payudara (2) Kesehatan Telinga (2) Nasionalisme (2) Natural Beauty (2) Para Penguasa (2) Penyakit Jantung (2) Seksologi (2) Selebritis (2) Sleep (2) Teroris (2) Tontonan Anak (2) Alergi (1) Cancer (1) Demam Berdarah (1) Diabetes (1) Indonesia (1) Kenangan (1) Kesehatan Mata (1) Lung Cancer (1) Natural Product (1) Party (1) Penyakit Maag (1) SEO (1) Science (1) Seluk Beluk Ciuman (1) Seluk Beluk Vagina (1) Wa (1) m (1)