Pentingnya Pendidikan Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja


Pendidikan kesehatan reproduksi penting bagi remaja agar mereka mendapatkan informasi yang benar dan akurat mengenai masalah seksual dan kesehatan reproduksi. "Oleh karena itu, pendidikan kesehatan reproduksi hendaknya lebih dibiasakan diberikan kepada remaja," kata Koordinator Divisi Pendampingan Komunitas Jari Mulia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Stirahma Dhesmarleni di Yogyakarta, Jumat (21/8).

Sehingga remaja tidak perlu lagi mencari tahu sendiri informasi mengenai masalah seksual dan kesehatan reproduksi yang terkadang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Justru informasi yang tidak benar itu bisa menjerumuskan remaja kepada hal yang tidak dikehendaki, seperti kehamilan yang tidak diinginkan, serta terjangkit infeksi menular seksual dan HIV/AIDS," katanya.

Ia mengatakan akhir-akhir ini banyak komunitas, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan organisasi nonpemerintah yang peduli terhadap HIV/AIDS, namun sedikit yang menjadikan remaja sebagai objek preventif. "Oleh karena itu, perlu lebih sering diadakan kegiatan yang melibatkan remaja terutama dalam melakukan penyuluhan serta pendidikan kesehatan reproduksi dan HIV/AIDS bagi remaja," katanya.

Menurut dia, pendidikan kesehatan reproduksi di kalangan remaja juga sesuai dengan rekomendasi "Bali Youth Forum", di antaranya pencapaian optimalisasi partisipasi kaum muda dan remaja dalam setiap pengambilan keputusan yang berkaitan dengan remaja. "Terkait dengan hal itu, kaum muda dan remaja diharapkan dapat terlibat langsung, sehingga hal yang dibutuhkan dapat disuarakan dan terpenuhi, salah satunya yakni mendapatkan pendidikan seksual serta kesehatan reproduksi," katanya.

Ia mengatakan, melalui penyampaian pendidikan dan informasi yang akurat diharapkan dapat menurunkan angka penyebaran HIV/AIDS melalui hubungan seksual di kalangan remaja.

Komunitas Jari Mulia UMY yang fokus pada upaya pencegahan dan penyebaran virus HIV/AIDS khususnya di kalangan remaja, melakukan metode, cara serta pencegahan melalui pendidikan teman sebaya yang baik. "Dengan demikian, pengalaman dan informasi yang diperoleh bisa maksimal dan efektif bagi remaja, tentunya juga akan dilakukan secara berkesinambungan," katanya
[ republika.co.id ]


1 komentar:

  1. Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat sekali, terima kasih sudah berbagi dengan kami, salam kenal dan makin sukses.

    BalasHapus

Kesehatan (50) Fisikologi Anak (37) Ibu dan Buah Hati (36) Rahasia Pria (33) Pasangan Hidup (31) Fisikologi (30) Anak (29) Agama (28) Tips dan Triks (28) Karyawan (25) Puasa Dan Lebaran (25) Ramuan Herbal (25) Kehamilan (23) Filosofi (21) Orang Tua (20) Penyakit (20) Rahasia Wanita (20) Beauty (19) Rahasia Tubuh (19) Produk (18) Suami Isteri (17) Tips and Trick (17) Health (16) Insomnia (16) Pendidikan (16) Pendidikan Anak (15) Rumah Tangga (15) Gaya Hidup (14) Lifestyle (14) Mitos dan Fakta (13) Tekhnologi Untuk Anak (13) Bahasa Tubuh (12) Budaya (12) Kasih Sayang (12) Kecerdasan Anak (12) Friendships (11) Kecantikan (11) No Smoking (11) Remaja (11) Diet (10) Kehidupan (10) Masalah Tidur Pada Anak (10) Autisme (9) Breast Bancer (9) Kesehatan Anak (9) Beauty Products (8) Makanan (8) Dating (7) Fashions (7) Kesehatan Wanita (7) Kesehatan Gigi (7) Moral (7) Beauty Recipes (6) Facebook (6) Hukum Islam (6) Kartu Kredit (6) Perawatan Rambut (6) Pernikahan (6) Perselingkuhan (6) Jewelry (5) Kesehatan Kulit (5) Pengobatan (5) Bayi Prematur (4) Breast Feeding (4) Fenomena (4) Keamanan (4) Products (4) Therapy (4) Wedding (4) Baby Gift (3) Baby games (3) Inner Beauty (3) Kejahatan (3) Multivitamin (3) Online Dating (3) Pendidikan Keluarga (3) Rezeki (3) Seluk Beluk Payudara (3) Seni Bercinta (3) Tekhnologi (3) Baby Names (2) Internet Marketing (2) Kanker Payudara (2) Kesehatan Telinga (2) Nasionalisme (2) Natural Beauty (2) Para Penguasa (2) Penyakit Jantung (2) Seksologi (2) Selebritis (2) Sleep (2) Teroris (2) Tontonan Anak (2) Alergi (1) Cancer (1) Demam Berdarah (1) Diabetes (1) Indonesia (1) Kenangan (1) Kesehatan Mata (1) Lung Cancer (1) Natural Product (1) Party (1) Penyakit Maag (1) SEO (1) Science (1) Seluk Beluk Ciuman (1) Seluk Beluk Vagina (1) Wa (1) m (1)