Inilah Tanggapan Ahli Matematika ITB soal PR Matematika anak kelas 2 SD Yang bikin Heboh facebook


Pekerjaan rumah matematika milik Habibi, murid SD kelas 2 di Semarang, ramai dibahas di media sosial setelah diunggah kakaknya ke Facebook. Dari 10 soal matematika, hanya dua yang betul.

Sang kakak, Erfas tidak terima dengan penilaian guru. mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro merasa yakin dengan jawaban soal yang ditulis adiknya, karena dia membantu mengerjakan soal.

Erfas mengajari Habibi jawaban 4+4+4+4+4+4 = 4 x 6 = 24. Ternyata jawaban itu salah, versi guru yang benar adalah 4+4+4+4+4+4 = 6 x 4 = 24. Hasil sama namun konsep beda.

Dosen Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB) Ahmad Muchlis berkomentar soal polemik tersebut. Berikut penjelasannya kepada merdeka.com: 

{content-split}Kepada mahasiswa, saya sering mengatakan bahwa dalam matematika itu bukan benar salahnya yang paling penting, melainkan pertanggungjawaban. Maksudnya begini, kalau Anda menyatakan sesuatu, berikan argumentasi untuk pernyataan Anda itu. Di sini kita bicara tentang sahih tidaknya argumentasi.

Inilah Tanggapan Ahli Matematika ITB soal PR Matematika anak kelas 2 SD Yang bikin Heboh facebook

Antara siswa SD dengan mahasiswa saya yang memang mau menjadi ahli dalam matematika pastilah berbeda. Untuk mahasiswa, metodologi matematika menuntut persyaratan yang lebih ketat. Itu tentunya terlalu berat buat anak SD.

Nah sekarang 4+4+4+4+4+4 itu sama dengan 6x4 atau 4x6? Menurut saya sih lihat saja argumentasinya. Sepanjang bisa dipertanggungjawabkan, sesuai dengan levelnya, terima saja. Kalau guru mengatakan 6x4 itu lebih banyak bersifat konvensi, kesepakatan. Ada yang tidak sepakat? Silakan saja, tetapi beri argumentasi yang baik.

Apa yang saya sampaikan di atas lebih sesuai dengan esensi matematika dan belajar matematika.

Ingat bahwa matematika yang sekarang ini dulunya dinamai ilmu pasti. Mengapa nama ilmu pasti tidak digunakan lagi? Karena memang nama itu tidak tepat.

Mudah-mudahan tidak membuat lebih bingung.

Menurut saya, yang lebih penting untuk dapat ditangkap siswa SD daripada 4+4+4+4+4+4 itu 6x4 atau 4x6 adalah gagasan tentang mengapa 6x4=4x6. [ merdeka,com ]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesehatan (50) Fisikologi Anak (37) Ibu dan Buah Hati (36) Rahasia Pria (33) Pasangan Hidup (31) Fisikologi (30) Anak (29) Agama (28) Tips dan Triks (28) Karyawan (25) Puasa Dan Lebaran (25) Ramuan Herbal (25) Kehamilan (23) Filosofi (21) Orang Tua (20) Penyakit (20) Rahasia Wanita (20) Beauty (19) Rahasia Tubuh (19) Produk (18) Suami Isteri (17) Tips and Trick (17) Health (16) Insomnia (16) Pendidikan (16) Pendidikan Anak (15) Rumah Tangga (15) Gaya Hidup (14) Lifestyle (14) Mitos dan Fakta (13) Tekhnologi Untuk Anak (13) Bahasa Tubuh (12) Budaya (12) Kasih Sayang (12) Kecerdasan Anak (12) Friendships (11) Kecantikan (11) No Smoking (11) Remaja (11) Diet (10) Kehidupan (10) Masalah Tidur Pada Anak (10) Autisme (9) Breast Bancer (9) Kesehatan Anak (9) Beauty Products (8) Makanan (8) Dating (7) Fashions (7) Kesehatan Wanita (7) Kesehatan Gigi (7) Moral (7) Beauty Recipes (6) Facebook (6) Hukum Islam (6) Kartu Kredit (6) Perawatan Rambut (6) Pernikahan (6) Perselingkuhan (6) Jewelry (5) Kesehatan Kulit (5) Pengobatan (5) Bayi Prematur (4) Breast Feeding (4) Fenomena (4) Keamanan (4) Products (4) Therapy (4) Wedding (4) Baby Gift (3) Baby games (3) Inner Beauty (3) Kejahatan (3) Multivitamin (3) Online Dating (3) Pendidikan Keluarga (3) Rezeki (3) Seluk Beluk Payudara (3) Seni Bercinta (3) Tekhnologi (3) Baby Names (2) Internet Marketing (2) Kanker Payudara (2) Kesehatan Telinga (2) Nasionalisme (2) Natural Beauty (2) Para Penguasa (2) Penyakit Jantung (2) Seksologi (2) Selebritis (2) Sleep (2) Teroris (2) Tontonan Anak (2) Alergi (1) Cancer (1) Demam Berdarah (1) Diabetes (1) Indonesia (1) Kenangan (1) Kesehatan Mata (1) Lung Cancer (1) Natural Product (1) Party (1) Penyakit Maag (1) SEO (1) Science (1) Seluk Beluk Ciuman (1) Seluk Beluk Vagina (1) Wa (1) m (1)