Jangan Lupa Melindungi Anak Anda Di Rumah


Lindungi Anak Anda Di Rumah. Membutuhkan banyak kesabaran untuk merawat dan mengasuh anak kecil, berusia batita hingga balita, apalagi yang aktif. Bawaan alami anak-anak ialah selalu ingin tahu. Bayi kerap memasukan benda-benda ke dalam mulut untuk mengetes, apakah itu enak dimakan atau tudak.

Bahkan, anak-anak usia bawah tiga tahun bisa jadi memasukkan barang-barang ke hidung, atau telinga. Setiap orang di dalam keluarga, bukan hanya orang tua kandung, meski paham aturan keamanan bagi si bocah.

Setiap rumah dengan seorang bayi atau anak kecil harus memiliki lingkungan aman bagi mereka. Itu berarti, semua benda-benda dan hal berbahaya harus dijauhkan dari jangkauan anak. Berikut ada beberapa tips yang layak diingat oleh orang dewasa.
  • Anak jangan ditinggal dalam mobil atau rumah sendirian hingga mereka cukup tua untuk menjaga diri sendiri bila ada situasi gawat. Bayi dan anak-anak kecil harus diawasi di setiap saat. Bahkan bayi usia satu tahun tahu bagaimana menggulingkan tubuh di atas meja. Anda bayangkan, itu hanya membutuhkan beberapa detik sebelum terjadi musibah!
  • Jaga obat-obatan dan bahan beracun jauh dari jangkauan anak kecil jika perlu simpan dalam tempat terkunci. Anda bisa memperoleh stiker khusus dari toko bahan kimia untuk menandai botol-botol obat dan racun. Dengan itu, anda bisa mengajari anak mengenali foto dan simbol bahwa isi di dalam botol adalah buruk untuk dimakan atau diminum. Jangan lupa pula, segera bersihkan cairan, cat, bubuk dan bahan kimia yang tercecer atau tersimpan dalam tempat makanan lama.
  • Catan dan simpan baik-baik nomor telepon dokter, rumah sakit dan layanan gawat darurat di dekat telepon. Ini perlu bila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan serius. Setiap rumah seharusnya memiliki stok pertolongan pertama pada kecelakaan, seperti susu, tablet karbon dan sirup ipecacuanha, terutama sangat diperlukan dalam kasus kecelakaan keracunan. Ingat baik-baik, doktor pasti perlu tahu tepat apa yang telah ditelan si anak dalam kasus keracunan, sehingga ia dapat memutuskan cepat tindakan terbaik.
  • Cobalah pelajari aturan dasar pertolongan pertama. Itu bisa jadi menyelamatkan orang yang anda cintai. Grup Pramuka, organisasi Palang Merah dan lembaga lain menyelenggarakan pelatihan khusus pertolongan pertama untuk anak-anak. Anda dapat mengikuti salah satu pelatihan bagaimana membantu seseorang yang tersedak dan tercekit, tenggelam, berdarah atau di di situasi berbahaya lain.
  • Terminal colokan listrik dan alat-alat elektronik harus dilindungi. Ada soket listrik tertentu yang didesain khusus sehingga anak kecil tidak bakal dapat memasukkan sesuatu ke dalam dan menyetrum tubuhnya sendiri. Jangan pernah menggunakan peralatan listrik seperti pengering rambut dan radio yang dapat jatuh ke air atau dekat air di mana seseorang mungkin terciprat, seperti kamar mandi, dekat tempat mandi bayi, atau kolam renang.
  • Tetap waspada dan selalu awas terhadap objek berbahaya agar jauh dari jangkauan anak-anak, seperti gunting, pisau dan benda-benda yang berpotensi melukai. Bahkan mainan kecil atau bagian dari permainan rakitan tidak seharusnya ditinggal di tempat di mana bayi dapat mengambil dan memakan atau menelan mereka.
  • Jika anda harus mengasuh bayi, atau mengawasi adik, selalu tanggap dan gunakan kesadaran atas apa yang anda lakukan. Ada cerita bayi berusia bawah tiga tahun tenggelam di bath tube hanya beberapa menit ketika kakaknya meninggalkan kamar mandi untuk mengambil sesuatu, lalu tiba-tiba teralihkan oleh sesuatu yang menarik di TV misal. Selalu cek temperatur air mandi sebelum meletakkan bayi ke dalam bak. Jaga dalam suhu yang nyaman dan hangat [ republika.co.id ]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesehatan (50) Fisikologi Anak (37) Ibu dan Buah Hati (36) Rahasia Pria (33) Pasangan Hidup (31) Fisikologi (30) Anak (29) Agama (28) Tips dan Triks (28) Karyawan (25) Puasa Dan Lebaran (25) Ramuan Herbal (25) Kehamilan (23) Filosofi (21) Orang Tua (20) Penyakit (20) Rahasia Wanita (20) Beauty (19) Rahasia Tubuh (19) Produk (18) Suami Isteri (17) Tips and Trick (17) Health (16) Insomnia (16) Pendidikan (16) Pendidikan Anak (15) Rumah Tangga (15) Gaya Hidup (14) Lifestyle (14) Mitos dan Fakta (13) Tekhnologi Untuk Anak (13) Bahasa Tubuh (12) Budaya (12) Kasih Sayang (12) Kecerdasan Anak (12) Friendships (11) Kecantikan (11) No Smoking (11) Remaja (11) Diet (10) Kehidupan (10) Masalah Tidur Pada Anak (10) Autisme (9) Breast Bancer (9) Kesehatan Anak (9) Beauty Products (8) Makanan (8) Dating (7) Fashions (7) Kesehatan Wanita (7) Kesehatan Gigi (7) Moral (7) Beauty Recipes (6) Facebook (6) Hukum Islam (6) Kartu Kredit (6) Perawatan Rambut (6) Pernikahan (6) Perselingkuhan (6) Jewelry (5) Kesehatan Kulit (5) Pengobatan (5) Bayi Prematur (4) Breast Feeding (4) Fenomena (4) Keamanan (4) Products (4) Therapy (4) Wedding (4) Baby Gift (3) Baby games (3) Inner Beauty (3) Kejahatan (3) Multivitamin (3) Online Dating (3) Pendidikan Keluarga (3) Rezeki (3) Seluk Beluk Payudara (3) Seni Bercinta (3) Tekhnologi (3) Baby Names (2) Internet Marketing (2) Kanker Payudara (2) Kesehatan Telinga (2) Nasionalisme (2) Natural Beauty (2) Para Penguasa (2) Penyakit Jantung (2) Seksologi (2) Selebritis (2) Sleep (2) Teroris (2) Tontonan Anak (2) Alergi (1) Cancer (1) Demam Berdarah (1) Diabetes (1) Indonesia (1) Kenangan (1) Kesehatan Mata (1) Lung Cancer (1) Natural Product (1) Party (1) Penyakit Maag (1) SEO (1) Science (1) Seluk Beluk Ciuman (1) Seluk Beluk Vagina (1) Wa (1) m (1)