Busana Lama Untuk Lebaran. Kenapa Tidak ?


Beberapa waktu lagi seluruh umat muslim akan merayakan Idul Fitri. Nah, pasti bagi Anda yang merayakan, saat ini sedang mempersiapkan segala sesuatunya. Seperti, mempersiapkan kue-kue kecil, menu makanan yang akan dimasak, dan tentunya yang tidak ketinggalan adalah busana yang akan dikenakan saat hari raya nanti.

Jika Anda sedang bingung dalam memilih busana apa yang akan digunakan saat lebaran nanti, bagaimana kalau berbusana muslim nuansa nusantara. Anda tidak perlu membeli pakaian baru tetapi bisa memanfaatkan busana lama. Manfaatkan saja kain songket, batik, atau kebaya yang Anda miliki. Selain hemat biaya, Anda juga turut melestarikan budaya Indonesia.

Tidak perlu bingung untuk memanfaatkan baju lama dan memadukannya dengan kain nusantara. Anda bisa melihat contekannya di buku "Seri Muslimah Berbusana Nusantara" yang ditulis oleh Tini Sardadi, Amy Wirabudi dan Ghea Pangabean. Buku ini baru saja diluncurkan pada Selasa, 15 September 2009 kemarin di Hotel Dharmawangsa, Jakarta.

Busana Lama Untuk Lebaran

"Selama ini busana muslim yang banyak dikenakan para wanita Indonesia cenderung bernuansa Timur Tengah seperti gamis dan abaya. Padahal sebenarnya kita bisa berpakaian sesuai syariah dengan memanfaatkan busana dan corak nusantara," kata Amy Wirabudi, saat ditemui dalam peluncuran buku "Seri Muslimah Berbusana Nusantara".

Dalam buku tersebut, Tini Sardadi, Amy Wirabudi dan Ghea Pangabean berusaha menunjukkan bahwa busana nuansa nusantara juga bisa tampil elegan, jika dipadukan dengan kerudung dan aksesoris yang pas. Contohnya baju kurung khas melayu yang bernuansa polos, akan terlihat cantik dan mewah jika dipadukan dengan buckle bernuansa emas. Lalu, untuk membuat kerudung dengan tatanan sederhana terlihat unik dan berbeda dari biasanya, tambahkanlah aksesoris bros dua susun.

Untuk bawahan, padukanlah baju kurung dengan kain songket untuk menghadiri jamuan resmi. Tetapi jika Anda ingin lebih simpel, padukan saja dengan celana panjang. Selendang juga bisa Anda gunakan tetapi jangan sampai penampilan terlihat ramai dan penuh, sesuaikan juga dengan coraknya.

"Baju-baju tradisonal seperti baju kurung, kebaya encim, baju labbu khas Bugis sebenarnya bisa dijadikan busana muslim. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba menyiasati busana tradisional yang dimiliki menjadi baju muslim yang unik," tambah Amy.

Jadi, cobalah cari-cari kembali baju tradisional yang ada dalam lemari Anda. Siapa tahu baju tersebut bisa Anda gunakan untuk hari raya nanti. Selain penampilan menjadi lebih unik, Anda pun ikut melestarikan budaya bangsa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesehatan (50) Fisikologi Anak (37) Ibu dan Buah Hati (36) Rahasia Pria (33) Pasangan Hidup (31) Fisikologi (30) Anak (29) Agama (28) Tips dan Triks (28) Karyawan (25) Puasa Dan Lebaran (25) Ramuan Herbal (25) Kehamilan (23) Filosofi (21) Orang Tua (20) Penyakit (20) Rahasia Wanita (20) Beauty (19) Rahasia Tubuh (19) Produk (18) Suami Isteri (17) Tips and Trick (17) Health (16) Insomnia (16) Pendidikan (16) Pendidikan Anak (15) Rumah Tangga (15) Gaya Hidup (14) Lifestyle (14) Mitos dan Fakta (13) Tekhnologi Untuk Anak (13) Bahasa Tubuh (12) Budaya (12) Kasih Sayang (12) Kecerdasan Anak (12) Friendships (11) Kecantikan (11) No Smoking (11) Remaja (11) Diet (10) Kehidupan (10) Masalah Tidur Pada Anak (10) Autisme (9) Breast Bancer (9) Kesehatan Anak (9) Beauty Products (8) Makanan (8) Dating (7) Fashions (7) Kesehatan Wanita (7) Kesehatan Gigi (7) Moral (7) Beauty Recipes (6) Facebook (6) Hukum Islam (6) Kartu Kredit (6) Perawatan Rambut (6) Pernikahan (6) Perselingkuhan (6) Jewelry (5) Kesehatan Kulit (5) Pengobatan (5) Bayi Prematur (4) Breast Feeding (4) Fenomena (4) Keamanan (4) Products (4) Therapy (4) Wedding (4) Baby Gift (3) Baby games (3) Inner Beauty (3) Kejahatan (3) Multivitamin (3) Online Dating (3) Pendidikan Keluarga (3) Rezeki (3) Seluk Beluk Payudara (3) Seni Bercinta (3) Tekhnologi (3) Baby Names (2) Internet Marketing (2) Kanker Payudara (2) Kesehatan Telinga (2) Nasionalisme (2) Natural Beauty (2) Para Penguasa (2) Penyakit Jantung (2) Seksologi (2) Selebritis (2) Sleep (2) Teroris (2) Tontonan Anak (2) Alergi (1) Cancer (1) Demam Berdarah (1) Diabetes (1) Indonesia (1) Kenangan (1) Kesehatan Mata (1) Lung Cancer (1) Natural Product (1) Party (1) Penyakit Maag (1) SEO (1) Science (1) Seluk Beluk Ciuman (1) Seluk Beluk Vagina (1) Wa (1) m (1)