Mengapa Jalan Kaki Itu Perlu ?


Mengapa Jalan Kaki Itu Perlu ?. Tips menjadi bugar kali ini adalah jalan kaki. Jalan kaki merupakan salah satu bentuk latihan tubuh yang alamiah, aman, sederhana, tidak membutuhkan latihan khusus, namun memberikan keuntungan yang tidak main-main. Seperti diulas oleh Pros. Dr. James Tangkudung, MPD. SportMed, anda perlu jalan kaki, karena bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung, menjaga tekanan darah, mengurangi resiko berkembangnya diabetes tipe 2 atau mengatur diabetes anda, menjaga berat badan ideal, mengelola stres dan membangkitkan semangat, menstabilkan kekuatan, serta senantiasa aktif.

Memulai program jalan ini membutuhkan inisiatif dan komitmen yang besar. Tetapi kami jamin usaha anda tidak sia-sia. Ingatlah bahwa dimana ada niat disitu ada jalan. Dan kegiatan ini akan mengantarkan anda ke arah kehidupan baru - kesehatan yang lebih baik.

Persiapan

Anda boleh tidak mengenakan alas kaki kalau mau. Tapi untuk nyamannya, gunakan sepatu olahraga dan pakaian yang nyaman dan pas di badan. Jika anda memutuskan jalan keluar rumah, pilihlah pakaian yang cocok dengan cuaca. Hindari pakaian berbahan tebal karena bisa menghalangi penguapan keringat. Jika hari masih/sudah gelap, gunakan warna terang atau yang bisa memantulkan cahaya sehingga bisa terlihat pengendara mobil.

Pemanasan

Untuk mengurangi resiko cedera, luangkan waktu kira-kira 5 menit jalan lambat yang kemudian dipercepat untuk memanaskan anda.PereganganUsai pemanasan, regangkan otot-otot anda selama kurang lebih lima menit sebelum jalan. Lakukan peregangan otot betis, quadrisep, hamstring, punggung bawah dan dada.Mulai perlahan dengan yang termudah.

Bagi anda yang sudah terbiasa jalan, silahkan teruskan apa yang sudah anda lakukan. Namun bagi yang sudah lama tidak aktif dan mudah lelah, sangat dianjurkan untuk memulainya secara perlahan dan dengan dosis yang paling mudah. "Misalnya anda bisa menjalankan metode 1 banding 1 - yaitu 1 menit jalan, 1 menit istirahat selama 30 menit hingga 60 menit, 5 hari seminggu. Kemudian tingkatkan menjadi 2 banding 1, 5 banding 1, hingga 60 banding 1." Terang James.

Atau anda bisa memulai dengan sesi harian yaitu 3 hingga 5 menit dan secara bertahap tingkatkan hingga 15 menit dua kali seminggu. Kemudian, setelah beberapa minggun, anda bisa secara bertahao menambah jalan hingga 30 menit, 5 hari setiap minggu.

Pendinginan

Untuk mengurangi stress pada jantung dan otot, akhiri tiap sesi jalan dengan berjalan perlahan selama 5 menit. Kemudian ulangi peregangan anda. (insidestory-inside)

ooOoo
Pilih Gendut atau Sehat. Perut sixpack bukan hanya membanggakan, tapi jadi petunjuk bahwa anda adalah pria yang sehat. Kenapa? karena lemak yang melingkari pinggang anda mengeluarkan zat yang disebut adipokines yang berpotensi meningkatkan resiko anda menderita penyakit-penyakit tertentu. Jadi semakin buncit perut anda, semakin besar bahaya yang mungkin datang.

Berikut zat-zat yang berbahaya yang di produksi oleh lingkaran lemak di perut.

Resistin. Hormon yang menyebabkan naiknya gula darah, menjadi penyebab penyakit diabetes dan jantung.

Plasminogen Activator Inhibitor. Substansi atau zat yang berkontribusi pada pembentukan gumpalan/bekuan darah, menjadi penyebab serangan jantung dan stroke.

Interleukin-6 (IL-6). Kimiawi tubuh penyebab radang pada dinding arteri, yang bisa membuat plak/gumpalan darah terlepas tiba-tiba, lalu mengalir menuju jantung.

Angiotensin. Senyawa yang meningkatkan tekanan darah.

Adiponectin. Senyawa antiradang yang bisa merusak efek IL-6. Sayangnya, semakin besar perut anda, semakin sedikit jumlah adiponectin yang dilepaskan.

So, kenapa tidak dimulai dari sekarang bagi anda yang mempunyai perut buncit bukan menjadi suatu kebanggaan lagi melainkan menjadi musibah yang tanpa anda sadari bisa merenggut nyawa anda.Mulai dari sekarang perlahan tapi pasti anda mulai berolahraga yang teratur untuk mengurangi perut anda menjadi buncit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesehatan (50) Fisikologi Anak (37) Ibu dan Buah Hati (36) Rahasia Pria (33) Pasangan Hidup (31) Fisikologi (30) Anak (29) Agama (28) Tips dan Triks (28) Karyawan (25) Puasa Dan Lebaran (25) Ramuan Herbal (25) Kehamilan (23) Filosofi (21) Orang Tua (20) Penyakit (20) Rahasia Wanita (20) Beauty (19) Rahasia Tubuh (19) Produk (18) Suami Isteri (17) Tips and Trick (17) Health (16) Insomnia (16) Pendidikan (16) Pendidikan Anak (15) Rumah Tangga (15) Gaya Hidup (14) Lifestyle (14) Mitos dan Fakta (13) Tekhnologi Untuk Anak (13) Bahasa Tubuh (12) Budaya (12) Kasih Sayang (12) Kecerdasan Anak (12) Friendships (11) Kecantikan (11) No Smoking (11) Remaja (11) Diet (10) Kehidupan (10) Masalah Tidur Pada Anak (10) Autisme (9) Breast Bancer (9) Kesehatan Anak (9) Beauty Products (8) Makanan (8) Dating (7) Fashions (7) Kesehatan Wanita (7) Kesehatan Gigi (7) Moral (7) Beauty Recipes (6) Facebook (6) Hukum Islam (6) Kartu Kredit (6) Perawatan Rambut (6) Pernikahan (6) Perselingkuhan (6) Jewelry (5) Kesehatan Kulit (5) Pengobatan (5) Bayi Prematur (4) Breast Feeding (4) Fenomena (4) Keamanan (4) Products (4) Therapy (4) Wedding (4) Baby Gift (3) Baby games (3) Inner Beauty (3) Kejahatan (3) Multivitamin (3) Online Dating (3) Pendidikan Keluarga (3) Rezeki (3) Seluk Beluk Payudara (3) Seni Bercinta (3) Tekhnologi (3) Baby Names (2) Internet Marketing (2) Kanker Payudara (2) Kesehatan Telinga (2) Nasionalisme (2) Natural Beauty (2) Para Penguasa (2) Penyakit Jantung (2) Seksologi (2) Selebritis (2) Sleep (2) Teroris (2) Tontonan Anak (2) Alergi (1) Cancer (1) Demam Berdarah (1) Diabetes (1) Indonesia (1) Kenangan (1) Kesehatan Mata (1) Lung Cancer (1) Natural Product (1) Party (1) Penyakit Maag (1) SEO (1) Science (1) Seluk Beluk Ciuman (1) Seluk Beluk Vagina (1) Wa (1) m (1)