Efek Kopi Yang Diminum Pagi Tak Akan Bertahan Sampai Sore


Ketika pekerjaan dan kehidupan membebani kita dengan berbagai masalah yang datang secara bertubi-tubi, membuat tubuh dan pikiran kita kehilangan banyak energi. Mengkonsumsi berbagai suplemen dan vitamin bisa menjadi penolong untuk menggantikan asupan nutrisi kita yang kurang. 



Berikut adalah kebiasaan yang bisa menjaga performa tubuh agar tetap prima dan membuat kita semangat menghadapi segala tantangan yang ada.

Bangun pagi dengan teratur

Ketika stres datang, siklus tidur kita akan mundur selama 12 menit setiap hari. Kalau stres selama satu bulan berarti kita memundurkan waktu tidur selama 6 jam. Dan ketika siklus tidur mundur, secara otomatis siklus bangun juga ikut mundur. 

"Jika dibiarkan terjadi, maka level energi akan bertambah drop,” jelas Mariana Figueiro, PhD, direktur program Renssealaer Polytechnic Institute’s Lighting Research Center. 

Dengan bangun pagi di jam yang sama setiap hari ternyata dapat mengusir rasa lesu sekaligus menjaga ritme hidup kita agar tetap teratur. Coba…bagun dan nikmati sarapan pagi di halaman terbuka bersama keluarga tercinta, sambil berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 30 menit.

Konsumsi protein lebih banyak

Dulu kita berpikir bahwa mengkonsumsi kabohidrat yang banyak akan memberikan tenaga yang lebih juga. Meski bisa menyediakan energi dalam waktu singkat tapi, pemberian asupan karbohidrat yang terlalu banyak pada tubuh dapat menyebabkan tubuh lemas dan ngantuk. 

Riset yang dilakukan oleh Donald K.Layman,PhD, professor bidang nutrisi University of Illinois, menyebutkan perempuan yang banyak mengkonsumsi protein tampil lebih energik dibanding perempuan yang banyak mengkonsumsi kabohidrat. 

Coba…batasi asupan kabohidrat kita tidak lebih dari 150 gr sehari. Sarapan : 40 gr oatmeal (25 gr karbohidrat) dan satu buah apel (20 gr karbohidrat). Makan siang: satu cangkir nasi merah (55 gr karbohidrat) dan ½ cangkir brokoli (5 gr karbohidrat). Makan malam: secangkir spaghetti bayam dan sedikit saus tomat (45 gr karbohidrat).

Ngopi di sore hari

Kafein dalam kopi bekerja dengan cara menghalangi efek adenosina, senyawa kimia di otak yang membuat kita semakin mengantuk. Serangan kantuk sering timbul pada waktu sore hari. 

“ Efek kopi yang diminum pagi tak akan bertahan sampai sore, “ jelas James K.Wyatt,PhD, direktur Sleep Disorder Service dan Research Center – Rush University Medical Center. 

Coba…Untuk “melek” sepanjang hari, kita bisa menyiasatinya dengan meminum kopi setengah cangkir di pagi hari dan setengahnya lagi pada sore hari saat kantuk datang menyerang.

Makan tepat waktu

Karena kebutuhan kalori mirip dengan ritmen harian kita, maka makan tepat waktu merupakan sesuatu yang esensial. Tubuh kita membutuhkan asupan makanan pada pukul 7 pagi dan 12 siang. 

"Jika kita tidak menghiraukannya, tubuh akan cepat lelah. Selain itu, rasa lapar yang tertunda akan mendorong kita makan lebih banyak di sesi berikutnya, “ ujar Layman. 

Coba…siapkan sarapan malam hari supaya besok kita tinggal memanaskannya saja tanpa takut terlambat ke kantor. Dan bawa makan siang dari rumah untuk mengantisipasi kalau pekerjaan menumpuk sehingga kita tetap bisa makan tepat waktu.

Waktu untuk bermeditasi

“Meski hanya 3 menit, meditasi dapat mengurangi produksi hormon stres yang menekan otot dan pembuluh darah. 

Meditasi juga meningkatkan hormon endrofin, yaitu hormon untuk pereda rasa sakit dan pembangkit semangat, “ jelas Judith Orloff, MD, psikiater dari UCLA, pengarang buku Positive Energy. 

Coba…Temukan tempat tenang dan bebas interupsi, seperti toilet kantor. Duduk dan pejamkan mata kita sejenak, sambil dengarkan alunan napas. Tarik dan hembuskan napas secara perlahan. Visualisasikan sesuatu atau seseorang yang membuat kita bahagia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesehatan (50) Fisikologi Anak (37) Ibu dan Buah Hati (36) Rahasia Pria (33) Pasangan Hidup (31) Fisikologi (30) Anak (29) Agama (28) Tips dan Triks (28) Karyawan (25) Puasa Dan Lebaran (25) Ramuan Herbal (25) Kehamilan (23) Filosofi (21) Orang Tua (20) Penyakit (20) Rahasia Wanita (20) Beauty (19) Rahasia Tubuh (19) Produk (18) Suami Isteri (17) Tips and Trick (17) Health (16) Insomnia (16) Pendidikan (16) Pendidikan Anak (15) Rumah Tangga (15) Gaya Hidup (14) Lifestyle (14) Mitos dan Fakta (13) Tekhnologi Untuk Anak (13) Bahasa Tubuh (12) Budaya (12) Kasih Sayang (12) Kecerdasan Anak (12) Friendships (11) Kecantikan (11) No Smoking (11) Remaja (11) Diet (10) Kehidupan (10) Masalah Tidur Pada Anak (10) Autisme (9) Breast Bancer (9) Kesehatan Anak (9) Beauty Products (8) Makanan (8) Dating (7) Fashions (7) Kesehatan Wanita (7) Kesehatan Gigi (7) Moral (7) Beauty Recipes (6) Facebook (6) Hukum Islam (6) Kartu Kredit (6) Perawatan Rambut (6) Pernikahan (6) Perselingkuhan (6) Jewelry (5) Kesehatan Kulit (5) Pengobatan (5) Bayi Prematur (4) Breast Feeding (4) Fenomena (4) Keamanan (4) Products (4) Therapy (4) Wedding (4) Baby Gift (3) Baby games (3) Inner Beauty (3) Kejahatan (3) Multivitamin (3) Online Dating (3) Pendidikan Keluarga (3) Rezeki (3) Seluk Beluk Payudara (3) Seni Bercinta (3) Tekhnologi (3) Baby Names (2) Internet Marketing (2) Kanker Payudara (2) Kesehatan Telinga (2) Nasionalisme (2) Natural Beauty (2) Para Penguasa (2) Penyakit Jantung (2) Seksologi (2) Selebritis (2) Sleep (2) Teroris (2) Tontonan Anak (2) Alergi (1) Cancer (1) Demam Berdarah (1) Diabetes (1) Indonesia (1) Kenangan (1) Kesehatan Mata (1) Lung Cancer (1) Natural Product (1) Party (1) Penyakit Maag (1) SEO (1) Science (1) Seluk Beluk Ciuman (1) Seluk Beluk Vagina (1) Wa (1) m (1)