Memahami Perbedaan Otak Laki - Laki Dan Perempuan


Penelitian skala besar yang dilakukan tim peneliti University of Basel difokuskan pada penentuan hubungan tergantung gender antara emosi, kinerja memori, dan aktivitas otak.


Tim peneliti menemukan otak perempuan dan laki-laki. Perempuan lebih terangsang ketika melihat gambar atau peristiwa emosional dibanding laki-laki. 

"Penelitian ini akan menunjukkan bahwa perbedaan tergantung gender dalam pengolahan emosi dan memori karena mekanisme yang berbeda," kata pemimpin studi Dr Annette Milnik seperti dikutip dailymail.co.uk. 

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa emosi mempengaruhi ingatan kita. Artinya, situasi yang lebih emosional memungkinkan kita lebih mudah mengingat. 

Muncul pertanyaan apakah perempuan mengungguli pria dalam tes memori karena cara mereka memproses emosi lebih peka dibandingkan laki-laki? 

Dalam kasus umum, tidak ada perbedaan gender berhubungan dengan nilai emosional. Dalam tes memori berikut, peserta perempuan dapat mengingat lebih banyak gambar secara signifikan dibandingkan laki-laki. 

Dengan menggunakan data fMRI dari 696 subjek tes, para peneliti menunjukkan bahwa penilaian perempuan terhadap peristiwa emosional negatif lebih kuat. 

"Hasil ini akan mendukung kepercayaan umum bahwa perempuan lebih ekspresif dibanding pria," jelas Dr Klara Spalek, penulis studi itu. 

Temuan ini juga membantu untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan gender tertentu dalam pengolahan informasi. 

Pengetahuan ini penting, karena banyak penyakit neuropsikiatri juga berhubungan dengan perbedaan gender. 

Berikut adalah sepuluh hal yang membedakan kinerja otak laki-laki dan perempuan.

1. Multitasking

Seberapa sering Anda mendapati suami yang tengah menonton sepakbola, nampak tidak berkutik sampai-sampai tidak mendengar suara tangisan bayi atau suara bell?

Nah, itu merupakan bukti bahwa laki-laki tidak pandai mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu. Sementara kita tahu, ibu bisa lho membuat kue, ngobrol di telepon, sembari mengawasi anak balita yang tengah bermain dalam waktu yang sama.

Alasannya jelas, otak laki-laki tak mampu multitasking. Otak perempuan mampu memproses berkali-kali sementara laki-laki hanya sekali.

2. Pemecahan masalah

Perempuan bisa ngomongin banyak hal dengan teman-teman mereka. Dan alasannya adalah, otak perempuan tidka mampu mengklasifikasi atau memproses beberapa masalah. Laki-laki, dalam hal lain, dapat mengklasifilasi masalah dan menyelesaikannya satu persatu.

3. Pola komunikasi

Ini merupakan alasan mengapa laki-laki selalu kalah saat berdebat dengan perempuan!

Perempuan adalah komunikator ulung. Mereka dapat menawar seperti pro, sementara laki-laki hanya berdiri di sisi jalan sambil terkesima.

Dan alasan saintis akan hal tersebut adalah, bagian otak kiri laki-laki lebih berfungsi daripada yang kanan. Sementara otak perempuan baik kiri dan kanan, sama baiknya.

4. Kemampuan analisis

Otak laki-laki lebih besar dari pada perempuan. Ukuran yang besar tersebut membuat laki-laki lebih mampu menganalisis masalah lebih baik. Laki-laki, dalam hal ini, memiliki kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan daripada perempuan.

5. Bonding dan hubungan

Perempuan adalah sosok penyayang dan pengasih. Kapan pun kamu sedih dan merasa depresi, pelukan perempuan adalah hal terbaik yang bisa kalian dapatkan di dunia.

Alasan ilmiah di balik hal tersebut adalah, otak perempuan memproduksi hormon serotonin dan oksitosin yang lebih banyak.

6. Bahasa

Saat berseteru, laki-laki kerap merasa bingung dengan kata-kata yang diucapkan oleh perempuan. Tau alasannya mengapa?

Otak perempuan, pusat verbal berada di dua sisi, sementara laki-laki hanya memiliki di satu sisi.

Hal tersebut membuat laki-laki lebih sedikit memgeluarkan kata kala menjelaskan sesuatu dibanding perempuan. Ini juga alasan mengapa perempuan lebih bawel daripada laki-laki!

7. Hal matematis

Ingat bagaimana laki-laki di sekolah lebih jago matematika? Nah, bisa dikatakan laki-laki memang lebih jago matematika dibanding perempuan.

Ini karena otak laki-laki bagian parietal yang bertugas menghitung memiliki ukuran yang lebih besar daripada perempuan.

8. Teritorial dan ambisi

Jujur saja, setiap ada lelaki macho memberikan senyum terlalu kepada Anda, Anda akan langsung meleleh dan pingsan kan?

Nah alasannya, inti premammillary dorsal otak laki-laki lebih besar. Hal tersebut membuat mereka lebih teritorial dan ambisius dari perempuan.

9. Sensitivitas emosi

Perempuan adalah gudangnya emosi. Perempuan tak hanya mampu mengatasi masalahnya tetapi juga masalah orang lain. Perempuan dapat menyeimbangkan logika dan perasaan dalam waktu yang sama.

10. Pendeteksi kebohongan

Ini alasan mengapa laki-laki sulit membohongi perempuan karena perempuan adalah pendeteksi kebohongan yang baik! Alasannya adalah, perempuan merupakan pembaca wajah yang baik. Otak perempuan mengamati ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan kata-kata yang keluar dari mulut.

Bagaimana menurut Anda? Benarkah cara kerja otak laki-laki dan perempuan seperti di atas?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesehatan (50) Fisikologi Anak (37) Ibu dan Buah Hati (36) Rahasia Pria (33) Pasangan Hidup (31) Fisikologi (30) Anak (29) Agama (28) Tips dan Triks (28) Karyawan (25) Puasa Dan Lebaran (25) Ramuan Herbal (25) Kehamilan (23) Filosofi (21) Orang Tua (20) Penyakit (20) Rahasia Wanita (20) Beauty (19) Rahasia Tubuh (19) Produk (18) Suami Isteri (17) Tips and Trick (17) Health (16) Insomnia (16) Pendidikan (16) Pendidikan Anak (15) Rumah Tangga (15) Gaya Hidup (14) Lifestyle (14) Mitos dan Fakta (13) Tekhnologi Untuk Anak (13) Bahasa Tubuh (12) Budaya (12) Kasih Sayang (12) Kecerdasan Anak (12) Friendships (11) Kecantikan (11) No Smoking (11) Remaja (11) Diet (10) Kehidupan (10) Masalah Tidur Pada Anak (10) Autisme (9) Breast Bancer (9) Kesehatan Anak (9) Beauty Products (8) Makanan (8) Dating (7) Fashions (7) Kesehatan Wanita (7) Kesehatan Gigi (7) Moral (7) Beauty Recipes (6) Facebook (6) Hukum Islam (6) Kartu Kredit (6) Perawatan Rambut (6) Pernikahan (6) Perselingkuhan (6) Jewelry (5) Kesehatan Kulit (5) Pengobatan (5) Bayi Prematur (4) Breast Feeding (4) Fenomena (4) Keamanan (4) Products (4) Therapy (4) Wedding (4) Baby Gift (3) Baby games (3) Inner Beauty (3) Kejahatan (3) Multivitamin (3) Online Dating (3) Pendidikan Keluarga (3) Rezeki (3) Seluk Beluk Payudara (3) Seni Bercinta (3) Tekhnologi (3) Baby Names (2) Internet Marketing (2) Kanker Payudara (2) Kesehatan Telinga (2) Nasionalisme (2) Natural Beauty (2) Para Penguasa (2) Penyakit Jantung (2) Seksologi (2) Selebritis (2) Sleep (2) Teroris (2) Tontonan Anak (2) Alergi (1) Cancer (1) Demam Berdarah (1) Diabetes (1) Indonesia (1) Kenangan (1) Kesehatan Mata (1) Lung Cancer (1) Natural Product (1) Party (1) Penyakit Maag (1) SEO (1) Science (1) Seluk Beluk Ciuman (1) Seluk Beluk Vagina (1) Wa (1) m (1)